jejaring sosial

Gegar gempita dunia menyambut kedatangan satu pasukan jaringan sosial di internet! ada facebook, friendster, twitter, tumblr, heelo, salingsapa, youtube, photobucket, blogger, dan masih sangat banyak lagi..
akan tetapi, mengapa jaringan seperti ini dinamakan dengan jejaring sosial? sebenarnya apa itu jejaring sosial? oke deh, dengan satu permasalahan ini, mari kita mengkaji lebih lanjut.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibangun berdasarkan pada simpul-simpul keterikatan antara yang satu dengan yang lainnya. biasanya, simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) ini diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan hal lain sebagainya. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Di dalam jejaring sosial, kita biasa menemukan sebuah hubungan (interaksi) antar simpul. contohnya dapat berupa terjalinnya sebuah forum, baik merupakan suatu diskusi ataupun hanya sebatas berbincang-bincang. contoh lainnya, seperti dengan adanya fasilitas berbagi konten foto dan video, hal ini secara tidak langsung menimbulkan interaksi antara satu pengguna ke pengguna yang lainnya.

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
So, sudah jelas kan mengapa facebook dan kawan-kawannya disebut dengan nama jejaring sosial.
Sumber: http://nurulfatimahn.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar